BPOM JAMBI AJAK WARGA KOTA JAMBI MENJADI KONSUMEN CERDAS PADA KEGIATAN KIE OBAT DAN MAKANAN

31-01-2024 Balai Besar/Balai POM Dilihat 36 kali

Kali ini BPOM Di Jambi Kamis (25/1/2024) melaksanakan Pemberdayaan masyarakat melalui KIE ( Komunikasi, informasi dan edukasi) kepada warga Kota Jambi bersama anggota komisi IX Sutan Adil Hendra .

Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk membentuk masyarakat menjadi konsumen cerdas tentang obat dan makanan sehingga terjadi perubahan prilaku mampu melindungi diri sendiri dari bahan bahan yang membahayakan kesehatan. KIE yang di berikan kali ini mengenai Anti mikrobial Resisten, Cek klik dan BPOM Mobile. Mengapa materi ini sangat penting di ketahui karena sebagian masyarakat masih ditemukan menggunakan Anti Mikrobial dengan cara yang salah, apa itu anti Mikrobial resisten : Resistensi antimikroba terjadi ketika mikroorganisme seperti bakteri,  virus, jamur dan parasit mengalami perubahan sehingga obat-obatan yang digunakan untuk menyembuhkan infeksi yang ditimbulkan mikroorganisme ini menjadi tidak efektif karena mikroorganisme semakin sukar untuk disembuhkan. Salah satu contoh dari resistensi antimikroba adalah dalam penggunan antibiotika. Hal ini dapat dilihat dari indikator penggunaan antibiotik yang digunakan masyarakat yaitu tidak patuhnya pemakaian antibiotik dilihat masih tersisanya atau masih disimpannya antibiotik di rumah yang seharusnya dihabiskan, materi selanjutnya Cek klik dan BPOM mobile merupakan produk andalan Badan POM untuk mempermudah masayarakat memeriksa Produk yang di belinya baik obat ataupun makanan layak di makan atau tidak.

Anggota Komisi IX DPR RI Sutan Adil Hendra mengajak masyarakat untuk cerdas dalam menggunakan Antibiotik  dan obat obat lain, Kosmetik dan Pangan, beliau juga berterima kasih kepada Mitra kerja terbaik Komisi IX DPR RI yang telah mengadakan acara Pemberdayaan masyarakat melalui KIE karena dapat menambah wawasan masyarakat terkait obat dan makanan , selain itu beliau juga mengingatkan sewaktu membeli produk jangan lupa Cek Klik  .  

Sarana