Masyarakat Desa Dibekali Pengetahuan tentang Obat dan Makanan Aman

12-02-2024 Balai Besar/Balai POM Dilihat 1777 kali

Tebo 5 s.d 7 Februari 2024 – Masyarakat Desa Tegal, Teluk Singkawang, Tirta Kencana dan Sapta Mulia mendapatkan edukasi penting tentang obat dan makanan aman dalam sebuah Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) yang diadakan pada hari Senin hingga Kamis pada tanggal 5 s.d 7 Februari 2024 di 4 Desa di Kabupaten Tebo. KIE ini menghadirkan dua narasumber kompeten dari BPOM di Jambi dan Mitra Kerja Badan POM yaitu Komisi IX DPR RI untuk memberikan materi edukasi kepada para peserta.

Narasumber pertama, Ibu Armeiny Romita yang merupakan Ketua Tim Pengujian sekaligus mewakili Kepala BPOM di Jambi, memaparkan materi tentang "Pentingnya Memilih Obat dan Makanan Aman". Dalam materinya, beliau menekankan pentingnya membaca label informasi pada kemasan obat dan makanan, serta cara mengecek izin edar produk di situs BPOM. Beliau juga menjelaskan bahaya mengonsumsi obat dan makanan ilegal, seperti risiko keracunan, efek samping berbahaya, dan bahkan kematian.

Materi kedua diisi oleh Tokoh Masyarakat Provinsi Jambi yang juga merupakan Anggota Komisi IX DPR RI  Saniatul Lativa, Beliau memberikan edukasi tentang "Tips Memilih Obat dan Makanan Aman di Era Digital". Beliau membagikan tips praktis untuk memilih produk aman melalui aplikasi BPOM Mobile, serta cara mengenali ciri-ciri produk palsu dan kadaluwarsa. Beliau juga mengingatkan masyarakat untuk selalu berhati-hati terhadap informasi yang beredar di media sosial terkait obat dan makanan, dan hanya mempercayai informasi dari sumber terpercaya seperti BPOM.

Antusiasme tinggi ditunjukkan oleh para peserta KIE. Mereka aktif mengikuti pemaparan materi dan mengajukan berbagai pertanyaan kepada narasumber. Hal ini menunjukkan bahwa edukasi tentang obat dan makanan aman memang sangat dibutuhkan oleh masyarakat, khususnya di desa-desa.

Kepala Desa dari masing-masing Desa yang mendaptakan Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE), dalam sambutannya, mengapresiasi terselenggaranya acara ini dan berharap dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang obat dan makanan aman. Kepala Desa juga mengajak masyarakat untuk menyebarkan informasi yang diperoleh kepada keluarga dan tetangga yang ada di masing-masing desa.

Sosialisasi ini merupakan salah satu upaya Badan POM untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya memilih obat dan makanan aman. Diharapkan dengan edukasi ini, masyarakat Desa Desa Tegal, Teluk Singkawang, Tirta Kencana dan Sapta Mulia dapat menjadi konsumen cerdas dan terhindar dari bahaya produk ilegal dan berbahaya.

Badan POM berkomitmen untuk terus mengadakan kegiatan edukasi serupa di desa-desa lain di wilayah Jambi untuk mewujudkan masyarakat yang sehat dan terlindungi dari produk-produk yang tidak aman.

Sarana